Dijamin Nangis! Berikut Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu [Update 2023]

@idyourzee – Berikut merupakan rekomendasi Film Jepang tersedih yang cocok untuk menemani kegalauan kamu.

Rekomendasi Film Jepang Tersedih [Update 2023]

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja. Tidak lupa min Aezi ucapkan selamat tahun baru 2023 untuk kita semua! Semoga yang terbaik bisa kita capai di tahun ini yaa~ Yah, kalau gak tahun ini, ya tahun depannya deh … atau tahun depannya lagi, lagi, dan lagi sampai kita berhasil (hehe). Yups, jangan putus harapan ya guys. Meskipun kita tidak tahu kapan yang terbaik itu bisa kita capai, yang penting kita tetap berusaha untuk meraihnya. SEMANGAT!!!

Seperti biasa, di awal tahun mimin akan membagikan update terbaru di dunia perekomendasian, kali ini yaitu rekomendasi Film Jepang bertema penyakitan. Hayoo~, siapa dari kalian yang suka film penyakitan? Film penyakitan yang mimin maksud bukan berarti filmnya punya penyakit ya guys, melainkan salah satu karakter di film tersebut mempunyai penyakit. Tentu saja, dalam hal ini negara sakura-lah yang terpopuler.

Negara Jepang identik dengan industri filmnya yang kebanyakan bertema sedih, terutama sedih karena adanya karakter yang penyakitan di dalamnya.

Industri film merupakan salah satu ciri khas Negara Jepang di mata dunia. Yups, Jepang populer dengan film-filmnya yang suka membuat penonton menjatuhkan air ma— .. air mata. Terutama film yang bertemakan penyakit, di mana terdapat karakter yang mempunyai penyakit sehingga kesedihan tidak luput menemaninya … dan orang-orang di sekelilingnya, termasuk kamu yang akan menontonnya. Nah, agar kamu tidak penasaran, berikut merupakan rekomendasi Film Jepang tersedih yang sudah mimin update hingga film rilisan terbaru di tahun 2023!

PENTING: Sebagai tambahan, mimin akan menyisipkan nilai pribadi dan catatan dalam setiap filmnya. Catatan tersebut bisa kamu anggap ulasan non-spoiler, meski arti sebenarnya yaitu pandangan pribadi mimin setelah menonton filmnya (mimin sendiri kurang pandai mengulas karya orang, jadi ya begitu deh, hehe~).

Love Like the Falling Petals

  • Romaji: Sakura no Yona Boku no Koibito
  • Tanggal rilis: 24 Maret 2022
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: B – Cocok ditonton kala bosan!
  • Tonton di: Netflix
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Haruto Asakura jatuh hati kepada seorang wanita penata rambut bernama Misaki Ariake. Dia memberanikan diri untuk mengajaknya berkencan. Melihat Misaki bekerja keras untuk mewujudkan apa yang dia inginkan, membuat Haruto yang hampir menyerah untuk menjadi fotografer kembali berusaha lagi, hingga suatu hari Misaki didiagnosa mengidap penyakit penuaan 10x lebih cepat ….

Catatan

Mengisahkan seorang pria yang ingin menjadi fotografer dan seorang wanita yang berusaha untuk menjadi barber profesional. Mereka bertemu bukan tanpa alasan. Si pria bisa kembali berusaha karena si wanita, dan si wanita bisa merasakan kebahagian karena si pria … meskipun hanya sementara.

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul sama ditulis oleh Keisuke Uyama.

The Last 10 Years

  • Romaji: Yomei 10 Nen
  • Tanggal rilis: 4 Maret 2022
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: B – Cocok ditonton saat bosan!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Setelah mencapai umur 24 tahun, Matsuri Takabayashi dikejutkan oleh fakta bahwa dia mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Dokter mendiagnosis bahwa dia hanya bisa hidup paling lama hingga 10 tahun. Karena itulah Matsuri memutuskan untuk tidak terlalu memikirkan hidupnya dan berusaha untuk tidak menjalin hubungan asmara … hingga suatu hari dia bertemu Kazuto Manabe ketika reuni sekolah.

Catatan

The Last 10 Years menceritakan dua orang pengangguran yang penyakitan. Yang satu punya penyakit fisik yang membuat hidupnya tinggal 10 tahun, sedangkan satunya lagi punya penyakit mental yang membuatnya ingin bundi- … mengakhiri hidup. Persamaan keduanya membuat bunga-bunga cinta bermekaran sehingga mereka menjalin kasih … kelanjutannya mungkin sudah bisa kalian tebak (hehe).

We Made a Beautiful Bouquet

  • Romaji: Hanataba Mitaina Koi o Shita
  • Tanggal rilis: 29 Januari 2021
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Kisah cinta selama 5 tahun antara seorang pria dan wanita yang sama-sama berumur 22 tahun. Karena ketinggalan kereta terakhir, keduanya terpaksa menginap di stasiun. Obrolan pun berlangsung, dan mereka mulai menyadari bahwa ada kecocokan di antara keduanya.

Catatan

Yah, film ini sebenarnya enggak terlalu bikin sedih. Cuman ya~ … alurnya itu loh, bisa dibilang realistis banget! Mengisahkan sepasang kekasih yang putus meskipun gak ada yang salah. Ibarat kata pepatah, dikejar ke manapun kalau bukan jodoh ya udah ikhlasin aja. Cocok ditonton kamu yang saat ini sedang single, lagi pedekate, pas cinta-cintanya, atau bahkan baru putus cuy!

Threads: Our Tapestry of Love

  • Romaji: Ito
  • Tanggal rilis: 21 Agustus 2020
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Ren Takahashi dan Aoi Sonoda lahir di tahun 1989. Mereka bertemu di umur ke 13 dan mulai berteman, jatuh cinta, lalu berpisah. Di umur ke 21, mereka bertemu kembali. Namun tetap, yang lalu tidak bisa diulang kembali. Dan sekarang, mereka berumur 31 tahun ….

Catatan

Ito artinya benang. Benang di sini merupakan benang merah, yang diyakini sebagai ikatan yang tidak akan pernah terlepas. Dengan kata lain, benang merah merupakan kata lain dari jodoh. Meskipun kamu dan dia sangat dekat, meskipun kalian sering bertemu, meskipun perjuanganmu untuknya sangatlah besar, kalau bukan jodoh ya terima nasib aja bung!

Yayoi, March: 30 Years That I Loved You

  • Romaji: Yayoi, Sangatsu: Kimi o Ai Shita 30nen
  • Tanggal rilis: 20 Maret 2020
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Sebagai murid SMA, Yayoi Yuki dan Taro Yamada kesulitan move on dari kematian teman mereka, Sakura Watanabe. Yayoi dan Taro mempunyai perasaan yang sama, namun keduanya tidak mengungkapkan perasaan tersebut dan menjalani kehidupan yang berbeda. Merekan menjalani kehidupannya masing-masing dan mengalami berbagai peristiwa seperti menikah, mempunyai anak, bercerai, dan kehilangan keluarga akibat bencana alam. Terlepas berbagai hal, Yayoi dan Taro selalu ada untuk satu sama lain.

Catatan

Bercerita tentang dua orang sahabat yang memendam perasaan satu sama lain, namun tidak pernah terealisasikan. Setelah lulus SMA, keduanya berpisah dan menempuh jalan hidup masing-masing. Begitulah, akhirnya jarang bertemu, putus kontak, hingga memiliki pasangan tersendiri.

Namun ibarat kata pepatah, kalau sudah jodoh enggak akan kemana. Meskipun menolak dan mencoba melarikan diri, akhirnya tetap dipertemukan. Its the power of love guys!!!

Oh ya, di film ini juga tersisipkan peristiwa pascagempa dan tsunami di Jepang 11 Maret 2011 lalu, yang mana membuat mimin tertarik untuk menonton dokumenternya secara lebih lanjut.

Dari film ini mimin dapat menyimpulkan dua hal. Pertama yaitu, tidak ada yang namanya sahabat lawan jenis. Kamu patut waspada jika pasanganmu bilang dia punya sahabat lawan jenis, karena hubungan dalam persahabatan sangat rentan. Bisa bertambah melewati batas, atau berkurang menjadi teman biasa.

Kesimpulan kedua yaitu, sahabat adalah orang yang selalu di sisimu, suka maupun duka. Jadikanlah pasanganmu sebagai sahabatmu, maka hidupmu akan baik-baik saja. Susah senang, suka maupun duka, pasti bisa kamu lalui, selama sahabatmu selalu di sisimu.

I Give My First Love to You

  • Romaji: Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu
  • Tanggal rilis: 24 Oktober 2019
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Ketika Takuma Kakinouchi berusia 8 tahun, dia menghabiskan waktunya di rumah sakit. Dia berteman dengan Mayu Taneda yang berusia sama dengannya. Suatu hari mereka pergi ke taman dan bermain. Di sana, Takuma dan Mayu berjanji untuk menikah saat dewasa. Mereka yakin bahwa di masa depan mereka akan bersama.

Tujuh tahun kemudian, Takuma memasuki SMA prestisius di umur 15 tahun. Pada upacara pembukaan, seorang gadis perwakilan murid baru tampil ke depan. Takuma terkejut melihat gadis itu yang ternyata Mayu. Hanya untuk bersama dengannya, Mayu belajar keras untuk memasuki sekolah prestisius itu. Takuma mencoba menghindari Mayu, meskipun dia punya rasa terhadapnya. Alasannya karena sejak kecil dia sudah diberitahu sampai kapan dia akan hidup ….

Catatan

Bukan tanpa alasan banyak orang yang merekomendasikan film ini. Cerita yang disajikan bisa membuat air mata kamu jatuh tak tertahan. Oleh karena itu, harap sediakan tisu dan ember besar bilamana nanti atap kamu bocor akibat hujan.

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan manga dengan judul sama oleh Kotomi Aoki. Manga tersebut juga diadaptasikan ke bentuk drama pada tahun 2019, dengan judul Secret Unrequited Love.

You Shine in the Moonlight

  • Romaji: Kimi wa Tsukiyo ni Hikarikagayaku
  • Tanggal rilis: 15 Maret 2019
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: B – Cocok ditonton saat bosan!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Suatu hari, guru meminta Takuya Okada untuk mengunjungi teman sekelasnya yang bernama Mamizu Watarase di rumah sakit. Mamizu menderita penyakit misterius yang disebut “luminescence“. Orang yang menderita penyakit ini menunjukkan kilauan samar di bawah sinar bulan dan kilauan itu semakin cerah ketika kematian mereka semakin dekat. Mamizu tidak diizinkan keluar rumah sakit dan dia merasa tidak akan hidup cukup lama untuk tumbuh dewasa. Takuya menawarkan diri untuk membantunya memenuhi semua keinginannya sebelum dia meninggal.

Catatan

Standar film penyakitan, dengan premis anti mainstream di mana penyakit yang diderita fmc ini membuatnya bersinar layaknya bulan di malam hari.

Snow Flower

  • Romaji: Yuki no Hana
  • Tanggal rilis: 1 Februari 2019
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: B – Cocok ditonton saat bosan!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Miyuki Hirai mempunyai tubuh yang lemah sejak kecil sehingga harus menerima pengobatan rutin. Ayahnya memberitahu dia bahwa aurora dapat membawa keberuntungan dalam hidup. Dengan begitu Miyuki bercita-cita untuk melihat aurora merah yang ada di Finlandia.

Hingga tiba saatnya dia menerima kabar buruk dari dokter. Miyuki didiagnosis memiliki waktu hidup yang tinggal sedikit. Sepulangnya dia hilang harapan, diperparah dengan seseorang yang mencuri tasnya ketika berjalan. Namun karena putus asa, dia sama sekali tidak berteriak atau mengucapkan apapun.

Beruntungnya, seseorang bernama Yusuke Watabiki melihat perampokan tersebut dan berhasil merebut kembali tasnya Miyuki. Yusuke kesal karena Miyuki yang terlihat pasrah meskipun dirampok, dan berkata padanya untuk bersuara ….

Catatan

Kayaknya gak ada yang perlu ditulis lagi deh, lagian semuanya udah jelas tertera di sinopsis (wkwkw). Yah, intinya sih film ini bercerita tentang seorang cewek yang penyakitan dan hidupnya tinggal sebentar. Hanya satu yang dia inginkan, yaitu melihat aurora. Namun sayang, aurora tidak muncul meskipun dia telah berjuang mati-matian pergi ke Finlandia.

Dalam keputus-asaannya, hadirlah seorang cowok yang membuatnya kembali bersemangat. Sisanya silakan temen-temen tonton sendiri (hehe~).

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan lagu Yuki no Hana yang dinyanyikan oleh Mika Nakashima.

Aiuta: My Promise To Nakuhito

  • Romaji: Aiuta: Yakusoku no Nakuhito
  • Tanggal rilis: 25 Januari 2019
  • Genre: Romance, drama
  • Nilai pribadi: B – Cocok ditonton saat bosan!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Toru mempunyai penyakit parah dan hidupnya hanya tersisa beberapa bulan lagi. Oleh karena itu dia menjadi putus asa, apalagi punya keberanian untuk menjalin asmara. Suatu hari dia tidak sengaja bertemu teman lamanya yang bernama Tatsuya dan menemukan sebuah buku puisi yang mengubah hidupnya. Karena dua hal itu, Toru bisa memberanikan diri untuk menjalin asmara. Dia bertemu Nagi yang merupakan bagian dari takdinya, namun ternyata Nagi punya rahasia …

Catatan

Jika kamu didiagnosis punya penyakit parah dan hidupmu tinggal beberapa bulan lagi, apa yang akan kamu lakukan?

“Ah, tentu saja aku akan melakukan semua hal yang aku bisa, agar aku bisa pergi tanpa meninggalkan penyesalan!” mungkin itulah yang kebanyakan orang pikirkan. Namun Toru berbeda. Setelah diberitahu kalau hidupnya tinggal beberapa bulan lagi, Toru menjadi putus asa dan ingin meninggalkan dunia lebih cepat.

Ketika mau bundir, eh malah ketemu temen sekolah dulu. Ketika punya gebetan, eh malah enggak sejalan pikirannya. Ketika punya pacar, eh malah blablabla …. Pokoknya kasihan banget deh si Toru ini. Udahmah hopeless, jalan idupnya juga selalu gak berjalan lancar lagi (wkwkwk).

Eh min, kok kamu gitu sih? Gak baik tahu ngomong begitu sama orang penyakitan.

Lah, ini kan cuma film. Maaf-maaf, mimin gak bermaksud gitu kok. Anggap saja tulisan di atas sebagai suara tetangga yang sedang renovasi rumah di hari minggu. Intinya sih, kehidupan mc kita kali ini bisa membuat kita yang menonton menjadi berkaca-kaca.

Sebagai informasi tambahan, film ini merupakan adaptasi dari lagu GreeeeN yang berjudul Ai no Uta.

50 First Kisses

  • Romaji: 50 Kaime no Fasuto Kisu
  • Tanggal rilis: 1 Juni 2018
  • Genre: Romance, comedy
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Yuge Daisuke bekerja sebagai pemandu wisata yang belajar astronomi disela-sela waktu bebasnya. Dia juga seorang playboy yang menjalin hubungan tanpa pamrih. Di awal musim panas, Daisuke bertemu Fujishima Rui dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Dia berusaha keras untuk berhubungan dengannya, hingga dia tahu bahwa Rui mengidap amnesia yang ingatannya ter-reset setiap malam. Meski begitu Daisuke tetap berjuang untuk merayunya setiap hari meskipun Rui terus melupakannya.

Catatan

Azab seorang playboy, ketika benar-benar jatuh cinta eh ceweknya amnesia. Mana setiap hari ingatannya ilang lagi (sad …).

Sebagai informasi tambahan, film ini merupakan film remake dari film barat yang berjudul 50 First Dates (2004).

One Week Friends

  • Romaji: Isshukan Furenzu
  • Tanggal rilis: 18 Februari 2018
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Yuki Hase ingin berteman dengan seorang perempuan di kelasnya yang selalu sendiri, Kaori Fujimiya. Kaori menolaknya, karena dia mempunyai penyakit di mana ingatannya akan ter-reset setiap hari senin. Meski begitu, Yuki tetap ingin dekat dengan Kaori.

Catatan

Sebelum manga-nya diadaptasi menjadi film, Ishuukan furenzu sudah diadaptasi menjadi anime 12 episode. Bagi kamu yang sudah menonton animenya mungkin agak kecewa dengan ending yang berbeda di filmnya ini. Meski begitu, menurut mimin sendiri film One Week Friends ini termasuk live action (LA) yang cukup sukses.

Colors of Wind

  • Romaji: Kaze no Iro
  • Tanggal rilis: 26 Januari 2018
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Sebelum meninggal, pacarnya Ryo bilang bahwa ada seorang perempuan yang sangat mirip dengannya di Hokkaido. Karena kesedihan mendalam yang dialaminya, Ryo mencari perempuan itu.

Catatan

Colors of Wind merupakan film dengan premis cerita yang unik dan visual yang menyejukkan mata.

The 8-Year Engagement

  • Romaji: Hachinengoshi no Hanayome
  • Tanggal rilis: 16 Desember 2017
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Hisashi dan Mai memutuskan untuk menikah 3 bulan mendatang. Namun tiba-tiba Mai jatuh sakit dan koma. Bertahun-tahun berlalu dan Mai masih belum bangun. Meski begitu, Hisashi tidak menyerah pada tunangannya dan selalu berdoa atas kesembuhannya. Akhirnya Mai bangun, namun dia mengalami hilang ingatan ….

Catatan

Dalam film ini kita akan melihat perjuangan seorang pria yang benar-benar jatuh cinta. Udah, cuman itu aja kok.

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan novel autobiografi berjudul 8 Nen Goshi no Hanayome Kimi no Me ga Sametanara yang ditulis oleh Hisashi Nakahara dan Mai Nakahara. Yups, novel autobiografi artinya kisah yang dibawakan diangkat berdasarkan peristiwa nyata. Selain itu, lagu endingnya dibawakan oleh Back Number yang berjudul Mabataki.

Let Me Eat Your Pancreas

  • Romaji: Kimi no Suizou wo Tabetai
  • Tanggal rilis: 28 Juli 2017
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Aku adalah seorang murid SMU. Aku menemukan buku harian teman sekelasku, Sakura Yamauchi yang ternyata mengidap kanker pankreas. Aku menghabiskan waktu dengan Sakura sebelum ia wafat. 12 Tahun kemudian, aku menjadi guru di sekolahku dulu karena kata-kata yang Sakura ucapkan.

Catatan

Mc kita kali ini merupakan standar mc film baper kebanyakan. Dia pendiam, gak punya temen, dan nolep. Anehnya, dia bisa menggaet hati cewek populer yang periang dan cakep, yang mana hanya mimpi bagi kalian para jomblo ngenes (hehe, bercanda doang~).

Meski namanya agak horor, film ini gak mempunyai unsur seram kok di dalamnya. Yang ada unsur kesedihan mendalam yang bikin kamu susah move on. Ingat, heroinenya wafat, tapi ini bukan spoiler! Siapkan tissue sebelum menonton.

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Yoru Sumino dan diadaptasi ulang ke bentuk anime setahun setelah film ini dirilis.

ReLIFE

  • Romaji: Rilaifu
  • Tanggal rilis: 15 April 2017
  • Genre: Drama, sci-fi
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Berkisah tentang Kaizaki Arata, seorang pengangguran berusia 27 tahun yang selalu gagal melamar pekerjaan karena ia berhenti dari perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya padahal baru bekerja selama 3 bulan. Nasibnya kemudian berubah setelah ia bertemu dengan Yoake Ryou dari sebuah perusahaan bernama ReLIFE Research Institute, yang menawarkannya sebuah obat yang dapat membuatnya kembali ke usianya saat 17 tahun. Kemudian Kaizaki menjadi subjek percobaan selama satu tahun, di mana dia harus kembali menjalani hari-harinya menjadi seorang siswa SMA.

Catatan

Ada satu kalimat yang selalu menjadi nasihat yang sering kita dengar, yaitu jangan sia-siakan waktu. Waktu adalah hal berharga, karena kamu tidak bisa membelinya atau mengulanginya lagi. Hal inilah yang menyebabkan penyesalan ada di dunia.

Dari film ReLIFE, banyak unsur kehidupan yang berkaitan waktu di dalamnya. Kita bisa melihat upaya sang mc untuk meraih kembali apa yang dia sia-siakan, dan berusaha untuk hidup lebih baik.

Sebagai informasi tambahan, film ReLIFE dibuat berdasarkan manga dengan judul sama yang merupakan karya So Yayoi. Film ini juga sudah diadaptasi ke bentuk anime sebelumnya, dengan jumlah 1 season 13 episode dan 4 episode spesial.

My Tomorrow, Your Yesterday

  • Romaji: Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date Suru
  • Tanggal rilis: 17 Desember 2016
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Takatoshi Minamiya merupakan mahasiswa kesenian di suatu Universitas Kyoto. Ketika ia berangkat kuliah menggunakan kereta, Takatoshi jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Emi Fukuju. Takatoshi kemudian memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaanya. Merekapun jadian dan merasa bahagia, hingga akhirnya rahasia Emi terungkap ….

Catatan

Saat mulai menonton, mungkin kamu merasa bahwa film ini hanyalah film pacaran seperti biasa. Namun sebenarnya banyak hal-hal aneh yang ditampilkan sejak awal, yang mana mulai terjawab dari pertengahan film. Yups, kamu perlu fokus tinggi agar benar-benar memahami kisah cinta dari dua tokoh utama di film ini.

Sebagai informasi tambahan, lagu ending film ini dibawakan oleh Back Number yang berjudul Happy End. Tidak ada yang salah dengan judul lagunya, karena memang film ini mempunyai happy ending. Namun mimin sarankan agar kamu menyiapkan tissue sebelum menonton.

Baca juga: Happy End, lagu ending yang menjelaskan film My Tomorrow, Your Yesterday!

Forget Me Not

  • Romaji: Wasurenai to Chikatta Boku ga Ita
  • Tanggal rilis: 28 Maret 2015
  • Genre: Romance, fantasy
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Takashi Hayama merupakan siswa SMU tingkat akhir. Dia jatuh cinta dengan Azusa Oribe dalam pandangan pertama lalu mereka jadian.

Beberapa saat kemudian, Azusa bilang pada Takashi bahwa “orang yang bertemu denganku akan melupakanku beberapa jam kemudian“.

Takashi tidak mempercayainya, tapi karena beberapa kesempatan dia sadar telah benar-benar melupakan segala sesuatu tentang Azusa. Oleh karena itu, dia mulai menuliskan memo untuknya sendiri dan Azusa.

Catatan

Setelah melihat ending ini, mimin jadi pengen nyanyi “Entah siapa yang salah, ku tak tahu ~

Yups, ending film ini dikemas dengan baik sehingga mimin cukup kebingungan dengan artinya. Jadi, siapa yang penyakitan di sini?

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Mizuho Hirayama.

We Were There

  • Romaji: Bokura ga Ita
  • Tanggal rilis: 17 Maret 2012
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi:A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

“We Were There” mengisahkan 10 tahun hubungan asmara antara Motoharu Yano dan Nanami Takahashi. Ketika masih sekolah, Motoharu merupakan murid yang populer, namun dia kesulitan beranjak dari kematian pacarnya yang meninggal akibat lakalantas. Nanami jatuh hati pada Motoharu dan harus membantunya menghadapi ketidakmampuannya untuk merelakan masa lalu.

Catatan

Aku jodi jomblo ditinggal mati ~

Yups, mc kita kali ini berstatus jodi dan gak bisa move on dari pacarnya yang sudah tiada. Namun begitulah hidup, kita harus selalu melangkah menuju hari esok dan tidak terpaku pada masa lalu.

Sebagai informasi tambahan, film ini dirilis menjadi dua bagian dan dibuat berdasarkan manga berjudul sama.

Hanamizuki -May your love bloom a hundred years-

  • Romaji: Hanamizuki
  • Tanggal rilis: 21 Agustus 2010
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Sae merupakan siswi SMU yang belajar mati-matian untuk ujian masuk kampus ternama. Dia hanya tinggal bersama ibunya, Ryoko, di Hokkaido karena kehilangan ayahnya disaat masih kecil. Ayahnya, Kemimichi, pernah menanam bunga Cornus (Dogwood Tree) di halaman rumah setelah tahu bahwa dia mengidap penyakit berbahaya dan kemungkinan tidak bisa melihat Sae tumbuh dewasa.

Sae kemudian bertemu Kouhei, seorang siswa SMK jurusan perikanan. Kouhei berharap dapat mengikuti jejak ayah dan kakeknya sebagai seorang nelayan. Mereka berdua kemudian menjalin hubungan jarak jauh (LDR). Meskipun perasaan cinta mereka kuat, hubungan mereka tidak dapat bertahan lama.

10 tahun kemudian, mereka berdua tanpa sengaja bertemu kembali…

Catatan

Kalian yang sedang LDR-an wajib nonton nih!

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan lagu pop berjudul Hanamizuki yang dinyanyikan oleh You Hitoto.

My Rainy Days

  • Romaji: Tenshi no Koi
  • Tanggal rilis: 7 November 2009
  • Genre: Drama, romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Karena kecantikannya, Rio Ozawa, murid SMU berumur 17 tahun selalu menjadi pusat perhatian. Namun karena trauma yang dialaminya dulu, Rio tidak pernah peduli dengan siapapun kecuali dirinya sendiri. Teman maupun pacar hanya dimanfaatkan olehnya, yang dia pedulikan hanyalah uang.

Hingga suatu hari, Rio bertemu seorang dosen berumur 35 tahun yang dipanggil Profesor Kouki. Rio jatuh cinta pandangan pertama padanya. Rio merasa bingung akan perasaannya dan ekspresi cintanya yangtulus. Meskipun perasaan Kouki juga sama, ada alasan mengapa dia tidak bisa menjalin hubungannya ….

Catatan

Cinta, sahabat, dan keluarga. Ketiga ikatan penting dalam kehidupan itu dibahas dengan baik di film ini. Mungkin kamu sadar seperti apa si Rio hanya dengan membaca sinopsis. Ya, dia merupakan gadis muda salah pergaulan yang mulai berubah karena cinta. Dia ingin hidupnya menjadi lebih baik, namun karena perbuatannya dulu hal tersebut menjadi sulit.

*Penting! Harap sediakan tisu sebelum menonton!

Sky of Love

  • Romaji: Koizora
  • Tanggal rilis: 30 November 2007
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: S – Highly recommended!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Cerita cinta Hiro dan Mika yang penuh batu sandungan. Kebahagiaan yang mereka rasakan berlangsung begitu cepat dengan perginya kebahagiaan itu ke surga. Karena alasan itu, Hiro perlahan meninggalkan Mika untuk menutupi kesakitan sebenarnya yang sedang dia rasakan, berharap keputusannya tepat untuk membuat Mika tetap bahagia menjalani hidup tanpa dirinya. Seiring waktu berjalan, fakta terungkap dan Mika kembali padanya. Lalu, apa yang harus dilakukan jika sekarang langit yang berusaha memisahkan mereka?

Catatan

Well, apakah kamu tahu kenapa ada film ini di hampir semua artikel rekomendasi film Jepang bernuansa sedih? Cari tahu jawabannya dengan menontonnya, SEMANGAT!

*Penting! Mimin sarankan untuk menghindari spoiler sebelum menonton.

Heavenly Forest

  • Romaji: Tada, kimi wo aishiteru
  • Tanggal rilis: 28 Oktober 2006
  • Genre: Romance
  • Nilai pribadi: A – Wajib masuk watchlist!
  • Tonton di: –
Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu (@aezife)

Sinopsis

Heavenly Forest menceritakan tentang seorang fotografer bernama Makoto yang mengunjungi New York saat natal untuk menemui sahabatnya, Shizuru. Keduanya bertemu pertama kali saat upacara pembukaan perkuliahan. Makoto mempunyai sifat kurang percaya diri sehingga dia menjauhi orang-orang, namun Shizuru berhasil membuatnya terbuka. Karena persahabatan mereka, Shizuru juga tertarik pada fotografi dan mereka berdua mulai suka mengambil gambar di hutan.

Shizuru hanya menganggap Makoto sebagai sahabatnya, sehingga ketika Makoto menyukai wanita lain bernama Miyuki, Shizuru-pun mencoba untuk berteman dengannya. Suatu hari, Makoto menanyakan hadiah apa yang diinginkan Shizuru untuk ulang tahunnya. Shizuru, yang ingin mengikuti kontes fotografi, mempunyai ide untuk mengambil gambar mereka berdua berciuman di hutan. Makoto setuju dan mereka berciuman untuk pertama kalinya. Sejak hari itu, entah kenapa, Shizuru menghilang dari kehidupan Makoto.

Catatan

Ketika kamu menunggu waktu yang tepat, bisa jadi saat itu sudah terlambat.

*Penting! Sediakan tisu sebelum menonton.

Sebagai informasi tambahan, Heavenly Forest adalah film spin off dari film berjudul College of Our Lives. Kedua film ini dibuat berdasarkan novel berjudul Ren’ai Shashin: Mo Hitotsu no Monogatari yang ditulis oleh Takuji Ichikawa.

Penutup

Itulah rekomendasi Film Jepang tersedih versi @idyourzee yang siap menemani kegalauan kamu. Namun tetap ingat ya guys, jangan lama-lama berlarut dalam kesedihan. Sedih boleh, putus harapan jangan. Mari sambut hari esok dengan berusaha menjadi pribadi lebih baik, KUY!

8 pemikiran pada “Dijamin Nangis! Berikut Rekomendasi Film Jepang Tersedih untuk Menemani Kegalauan Kamu [Update 2023]”

Tinggalkan komentar